Bunda Yuk Pahami Hal Penting Dalam Merawat Bayi Baru Lahir

Bagi orang tua muda, merawat bayi baru lahir pasti ada kendalanya sendiri. Mereka belum pernah merawat bayi sama sekali dan jauh dari orang tua. Sehingga harus merawat semua kebutuhan anak sendiri. Menjadi orang tua baru, harus banyak belajar dan membaca buku. Sehingga tahu hal apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan. Sehingga anak tetap tumbuh dengan baik dan tidak mengganggu kesehatannya. Inilah tips parenting merawat bayi baru lahir yang benar.

Menyusui Bayi 1-2 Jam Sekali

Bayi yang baru lahir membutuhkan asupan asi yang cukup. Ukuran lambungnya masih kecil, sehingga tidak mampu menampung banyak asi. Anda harus memberikannya sedikit-sedikit tetapi sering. Berikan asi ke bayi baru lahir setiap 1-2 jam sekali. Bayi yang lapas, akan memberikan tanda menangis kencang, mengecap, dan mengisap tangan. Bila anak tertidur lebih dari 2 jam, lebih baik bangunkan dan berikan asinya. Usahkan untuk tidak membiarkan anak tertidur, setelah menyusui.

Bayi Sering Gumoh

Bayi yang baru lahir, biasanya sering gumoh. Gumoh atau spitting up terjadi karena katup antara lambung dan esofagus belum sempurna. Jadi ketika anak minum asi terlalu banyak, bisa membuat bayi gumoh atau mengeluarkan susu dari mulutnya lagi. Jika hal ini terjadi, ibu jangan langsung panik. Posisikan anak dalam posisi tegak,kurang lebih selama 30 menit. Setelah menyusui, jangan langsung tidurkan anak. Tetapi biarkan didalam posisi tegak, sambil anda tepuk berlahan dibagian punggungnya. Biarkan anak sendawa, ini akan membuat salurannya lebih lancar.

Waktu Tidur 16 -18 Jam Per Hari

Salah satu tips parenting bayi baru lahir adalah waktu tidur yang tepat. Bayi yang baru lahir harus tidur selama 16-18 jam perharinya. Biasanya bayi tertidur selama 1-2 jam dalam sekali tidur. Oleh karena itu, anda harus memastikan bayi mendapatkan istirahat yang cukup. Ini akan membantu pertumbuhannya semakin baik. Supaya anak tetap terlelap di malam hari, anda jangan terlalu lama menidurkan bayi pada siang hari. Sehingga dia bisa tidur dengan lelap di malam hari.

Bayi Memiliki Kulit Sensitif

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sensitif. Jika anda salah memberikan sabun, minyak dan perlengkapan lainya, akan membuat kulit bayi merah. Selain itu anda harus memperhatikan kebersihan popok. Gunakan kapas dan air hangat untuk membersihkan bokong bayi, lalu keringkan dengan handuk bersih. Jangan langsung gunakan popok, bila kondisinya masih basah. Gunakan pembersih yang tidak mengandung alkohol, sehingga tidak memicu iritasi pada kulit bayi.

Selain tips parenting diatas, masih banyak hal yang harus anda perhatikan. Jangan malas untuk belajar dari buku, internet atau orang tua lainnya. Dengan begitu anak, bisa tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *